PKB Belum Tentukan Bersikap Terkait Pemilu Terbuka Atau Tertutup

PKB Belum Tentukan Bersikap Terkait Pemilu Terbuka Atau Tertutup

SHARE

Publik-News.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih belum bisa bersikap terkait wacana pemilu terbuka atau tertutup. Sebab, partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar alias cak Imin, ini masih akan mengkaji terlebih dahulu.

Hal tersebut disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Daniel Johan. “Masih dikaji (Pemilu terbuka atau tertutup) secara mendalam oleh tim khusus dengan mempertimbangkan berbagai aspek,” ujar dia kepada wartawan, Sabtu (22/7/2016).

Menurut Danel yang Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ini, akan membicarakan pada tingkat fraksi sebelum pembahasan undang-undang Pemilu di Komisi II. “Semuanya (anggota Fraksi PKB) punya semangat bagaimana demokrasi semakin matang dan efektif untuk sejahterakan rakyat,” tegasnya.

Daniel juga menegaskan bahwa direvisinya UU Pemilu adalah dalam rangka meminimalisir bahkan menghilangkan praktek politik uang dan upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi itu

Untuk diketahui, Komisi II DPR RI akan membahas revisi paket UU Pemilu, yakni UU 8/2012 tentang Pemilu Legislatif, UU 42/2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, serta UU 15/2014 tentang Penyelenggara Pemilu.

Beberapa partai yang sudah menentukan sikap apakah akan mendukung Pemilu dilakukan secara terbuka ataupun tertutup diantaranya Partai NasDem. Partai itu menginginkan Pemilu dilakukan secara terbuka, sementara PDI Perjuangan menginginkan secara tertutup.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment