PKB: Gus Dur Bapak Bangsa

PKB: Gus Dur Bapak Bangsa

SHARE

Publik-News.com  – Wasekjend DPP PKB Daniel Johan menganggap berlebihan pernyataan Menkopolhukam Wiranto menyebutkan prestasi presiden Joko Widodo melampaui pemimpin RI seperti Soehaarto, BJ. Habibie dan Gus Dur. Menurut Daniel, penilaian Wiranto merupakan paandangan pribadi yang belum tentu sama dengan pemahaman kesimpulan umum.

Daniel tidak sepakat dengan pernyataan Wiranto yang memposisikan Gus Dur dalam penilaian lebih rendah daripada prestasi Jokowi. Bagi Daniel, Gus Dur memiliki kelebihan sendiri yang tidak bisa disejajarkan dengan pemimpin manapun.

“Gus Dur itu bapak bangsa,” ujar Daniel saat diwawancarai di Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Daniel menjelaskan pemberian julukan bapak bangsa bukan berasal dari keinginan pengagum Gus Dur semata. Tetapi, kata dia, karena masyarakat mengenali Gus Dur sebagai pemimpin yang mengayomi rakyatnya.

Daniel menyebutkan sisi kelebihan lain yang dimiliki Gus Dur saat menjadi orang nomor satu di Indonesia. Gus Dur memiliki ketegasan dalam memutuskan kebijakannya sekalipun mempertaruhkan jabatan.

Selain itu, ia juga memperlihatkan peran Gus Dur yang berani mengembalikan peraanan TNI sebagaimana fungsi dasarnya.

“Gus Dur berani mengembalikan fungsi TNI kok waktu itu. Jadi, Gus Dur tidak dapat dibandingkan. Lengkap banget dan tidak berteori,” ungkapnya.

Daniel mengungkapkan Gus Dur disaat memimpin Indonesia berhasil membawa arus perubahan yang besar. Menurutnya, Gus Dur selalu berusaha membawa negara hadir ditengah masyarakat dalam kondisi dibutuhkan.

“Kalau Gus Dur punya prinsip apa yang bisa dilakukan oleh masyarakat, pemerintah tidak perlu mengambil alih. Cukup memfasilitasi, mempermudah, kecuali yang menyangkut hajat hidup rakyat sesuai amanah Undang-Undang. Hal-hal yang tidak dapat dilakukan rakyat, maka pemerintah perlu turun,” tuturnya. (Ahmad)

SHARE
Comment