PKB Minta Jokowi Jangan Sembarangan Usul Dana Haji Untuk Jalan Tol

PKB Minta Jokowi Jangan Sembarangan Usul Dana Haji Untuk Jalan Tol

SHARE

Publik-News.com – Presiden Jokowi mengusulkan dana haji senilai Rp 90 triliun agar  dialihkan untuk pembangunan infrastruktur. PKB meminta Jokowi tidak sembarangan membuat usulan. Pasalnya, usulannya itu harus disesuaikan dengan Undang-undang Nomor 34/2014 tentang Pengelolaan Keuangan Haji.

“Pasal 3 undang-undang tersebut, menyatakan bahwa penggunaan Dana Haji untuk meningkatkan, pertama, kualitas penyelenggaraan ibadah haji. Kedua, rasionalitas dan efisiensi pengunaan biaya pengelolaan ibadah haji. Ketiga, manfaat bagi kemaslahatan umat Islam,” ujar Wakil Pimpinan Komisi VIII DPR Abdul Malik Haramain dalam pesan singkatnya, Jumat (28/7/2017).

Malik menjelaskan dana yang diperuntukan untuk kemaslahan umat itu berupa sarana penunjang ibadah haji. Termasuk pendidikan dan dakwahnya.

“Karena itu, rencana menggunakan dana haji harus merujuk pada UU nomor 34/2014 pasal 3,” sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah membentuk Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Jokowi menginginkan dana haji bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

“Taruh saja misalnya di pembangunan jalan tol, aman enggak akan rugi, yang namanya jalan tol enggak akan rugi, enggak akan hilang,” kata Jokowi dalam acara Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (27/7). (Fq)

 

SHARE
Comment