PKS: HTI Masih Bisa Menguji Keputusan Pemerintah

PKS: HTI Masih Bisa Menguji Keputusan Pemerintah

SHARE

Publik-News.com – Anggota Fraksi PKS, Tifatul Sembiring ikut berkomentar terkait pencabutan status badan hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Menurutnya, HTI masih bisa menguji terkait keputusan pembubaran tersebut.

“HTI menurut saya harus dilihat ke pihak HTI sendiri, kan punya hak ya menguji ini. Silakan saja diproses secara hukum,” ujar Tifatul Sembiring, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Ia menganggap keputusan pemerintah ini banyak menimbulkan pertanyaan dari publik. Sebab, keputusan pembubaran ini sebagai langkah untuk membungkam demokrasi
“Apakah ini akan membelenggu kebebasan berserikat? Itu saja. Jadi kepada pihak HTI ini juga silakan aja menempuh jalur hukum,” tegas Tifatul.
Menurutnya, pemerintah boleh membubarkan ormas apabila sudah tidak sesuai dengan konstitusi. Namun, jika tidak ada unsur kekerasan, maka kebebasan berserikat harus dijaga.

“Selama di suatu negara tak ada unsur kekerasannya, menurut saya itu kebebasan berserikat harus dijaga, kecuali ada yang bertentangan dengan UUD konstitusi kita maupun dengan UU yang berlaku,” jelas dia.

SHARE
Comment