PLN Ngeles, Listrik Tidak Naik

PLN Ngeles, Listrik Tidak Naik

SHARE

Publik-News.com – Kepala Satuan Unit Komunikasi Korporat PT PLN, I Made Suprateka menjelaskan jika pemerintah  tidak menaikkan Tarif Dasar Listrik (TDL). Menurutnya, PLN bersama pemerintah ingin subsidi listrik yang tepat sasaran, yakni dengan mencabut subsidi listrik dikalangan masyarakat mampu.

“Tidak ada kenaikan, banyak yang salah persepsi dengan kebijakan subsidi tepat sasaran. Ini semua agar yang menerima subsidi adalah yang betul-betul berhak, ini subsidi berkeadilan,” ujar Made di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (8/7/2017).

Ia menambahkan, untuk pelanggan dengan daya listrik 450 Volt Ampere (VA) subsidinya tidak dicabut. Sedangkan subsidi yang dicabut adalah pelanggan 900 VA. Pencabutan subsidi ini sudah dilakukan secara bertahap sejak 1 Januari 2017.

“Jadi dipilah siapa saja yang punya watt 450 VA atau 900 VA. Misalnya orang punya kos-kosan, ini kalau ada 900 VA, pasti dia kena subsidi, jadi ada pemilahan data. Memang ada 900 VA yang mendekati miskin, dari berbagai kriteria, semua dilihat aspeknya,” jelas Made.

Ia menyebut pencabutan subsidi listrik pada golongan masyarakat mampu disesuaikan dengan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan telah usai pada bulan mei lalu. Dipastikan, hingga akhir tahun ini tidak akan ada lagi kenaikan listirk untuk semua golongan.

“Pelanggan 900 VA tidak lagi menerima subsidi, telah ditetapkan pembayaran listrik sebesar Rp 1.352 per kilo watt hour (kwh). Sedangkan untuk pelanggan 900 VA yang disubsidi masih dikenakan biaya sebesar Rp 605 per kwh,” jelasnya.
Saat ini, kata dia, masih ada sekitar 4,05 jut pelanggan 900 VA yang menerima subsidi. Sementara pemerintah masih memberikan subsidi bagi 23 juta masyarakat golongan 450 VA.

“Sekarang ini yang masih menerima subsidi sekitar 4,05 juta, mereka membayar sekitar Rp 605an. Artinya negara masih memberikan subsidi bagi 23 juta masyarakat golongan 450 VA dan kurang lebih 4,05 juta bagi pelanggan 900 VA,” pungkasnya.(Fq)

 

 

 

SHARE
Comment