Polda Metro Tantang Ustadz Alfian Tanjung Menggugat

Polda Metro Tantang Ustadz Alfian Tanjung Menggugat

SHARE

Publik-News.com – Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menantang pengacara Ustadz Alfian Tanjung menempuh jalur hukum jika tidak terima dengan penetapan kliennya sebagai tersangka UU ITE dan penahanan.
Menurut Argo, Alfian bisa menempuh jalur hukum, praperadilan. Tidak ada yang melarang jika pengacara Alfian mengajukan praperadilan karena hal itu merupakan hak setiap orang yang menyandang status tersangka.
“Kalau yang bersangkutan tak terima, kita ada saluran hukumnya. Itu sah saja. Hak beliau untuk melakukan upaya seperti praperadilan,” ujar Argo kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (1/6/2017).

Argo juga membatah penetapan tersangka Alfian merupakan rekayasa. Penyidi, kata dia, sudah mengantongi dua alat bukti terkait ceramah Alfian yang mengandung
ujaran kebencian (hate speech). Jadi disitu ada, fitnah, pencemaran nama baik. Baik terhadap perorangan atau institusi negara.
“Itu bisa dikenakan beberapa pasal kan. Bisa kena pasal 207 KUHP kalau itu terhadap pejabat negara. Kemudian, juga bisa dikenakan UU ITE kalau memang itu menggunakan sarana-saran elektronik,” kata Argo
Sebelumnya, Pengacara Ustad Alfian Tanjug, Abdullah Al Katiri merasa keberatan dengan ditahannya Alfian Tanjing oleh Polda Metro Jaya karena kliennya baru pertama kali diperiksa sebagai saksi.

“Pemeriksaan ini merupakan kali pertama, dan Ustaz Alfian Tanjung masih dalam kapasitas sebagai saksi,” kata pengacara Alfian, Abdullah Al Katiri, Selasa (30/5/2017). (TK)
Dikirim dari iPhone saya

SHARE
Comment