Polisi: Grup Saracen Lihai Mencari Pasar

Polisi: Grup Saracen Lihai Mencari Pasar

SHARE

Publik-News.com – Polri mengungkap motif dari adanya grup penyebar SARA di media sosial, Saracen hanya untuk mencari keuntungan secara ekonomi. Ia bekerja sesuai permintaan pasar.

“Sementara dari fakta itu, mereka motif umumnya ekonomi. Walaupun nama Saracen atau lain itu motif ekonomi. Itu arah mereka membuat kelompok ini,” ujar Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri Kombes Pudjo Sulistyo dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/7/2017).

Pudjo menambahkan, grup Saracen sangat pandai mencari pasar. Ia akan menawarkan semacam proposal untuk menyebarkan isu SARA di media sosial.

“Kelompok ini bisa melihat pasar. Seperti musim hujan, jualannya sekoteng, musim panas jualan es. Kelompok ini tergantung pasar. Ideologinya pasar, ekonomi,” jelas Pudjo.

Kelompok ini bisa terus eksis, kata Pudjo, dikarenakan adanya perkembangan teknologi informasi yang memudahkan mereka membuat berita hoax.

“Kedua, faktor psikologi, kemampuan membaca psikologi massa di medsos. Ketiga, faktor manajemen mengakumulir pendukung dengan secara konstan memberi input sehingga jadi follower yang militan,” terang Pudjo.(Fq)

 

SHARE
Comment