Home Hukum Polisi Sebut Penyidikan Tersangka Makar Sebagian Sudah Cukup

Polisi Sebut Penyidikan Tersangka Makar Sebagian Sudah Cukup

Publik-News.com-Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul mengatakan penyidikan terhadap sejumlah aktivis yang diduga makar sebagiannya sudah ada yang dinyatakan lengkap.

Sedangkan untuk berkas lainnya, polisi masih mengumpulkan kelengkapan administrasi. “Ada beberapa tersangka yang dinyatakan cukup, tapi ada beberapa yang perlu dilengkapi administrasi,” ujarnya di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa, 20 Desember 2016.

Martin menambahkan, dalam melengkapi kekurangannya itu, termasuk bukti dan domumen lainnya, penyidik telah menggeledah kediaman salah satu tersangka, yaitu Rachmawati Soekarnoputri

Selain itu, Polisi telah juga mengantongi bukti terkait adanya aliran dana terhadap aksi makar yang rencananya akan dilakukan pada demo 2 Desember kemarin.

“Aliran dana itu sudah dijadikan bukti Polri untuk mendukung sangkaan atas perbuatan melakukan pengganti pemerintahan yang sah,” katanya.

Sebelumnya, dalam dugaan makar ini, polisi telah menetapkan 12 tersangka. Meraka adalah musisi Ahmad Dhani, Kivlan Zein, Adityawarman, Ratna Sarumpaet, Firza Huzein, Eko Sandjojo, Aliv Indar Al Fariz, Rachmawati, Sri Bintang Pamungkas, Jamran, dan Rizal Kobar. Sedangkan satu tersangka ditangkap sepekan kemudian, yakni Hataan Taliwang

Di antara tersangka ini, 8 orang dijerap pasal makar, 2 orang dikena UU ITE, dan Ahmad Dhani dijerat karena menghina kepala Negara. (faruq)

Comment