Politik Gaduh, Plt Guberrnur DKI Keluarkan Lima Pesan Damai

Politik Gaduh, Plt Guberrnur DKI Keluarkan Lima Pesan Damai

SHARE

Publik-News.com-Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, menganggap pemilihan kepala daerah sangat rentan dengan adanya konflik. Apalagi dibarengi dengan isu-isu tidak baik, hal itu bisa memicu suasana yang tidak nyaman. Untuk itu, perlu adanya kesadaran bersama untuk menciptakan suasana damai, meski berbeda pandangan.

Hal ini disampaikan soni, sapaan akrabnya, saat menghadiri apel Nusantara Bersatu di lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016)

Dalam kesempatan itu, Soni memberikan lima pesan damai kepada masyarakat yang hadir dalam acara tersebut. Pertama, harus bisa menjaga moral supaya tidak mengarahkan kepada tindakan yang kebablasan dan etika yang tidak terkendali. Kedua, tidak boleh asal mengartikan tentang makna reformasi sehingga memunculkan interpletasi yang salah.

Ketiga, bangsa ini harus menjaga kearifan lokal yakni menunjukkan kalau bangsa Indonesia adalah bangsa yang berbudaya dan bermartabat.

“Keempat, mari kita tumbuhkan dan bangkitkan kembali jati diri bangsa dengan mengamalkan Pancasila agar bisa memberikan inspirasi baru untuk mewujudkan bangsa yang aman, damai, dan sejahtera,” kata Sumarsono

Terakhir, lanjutnya, negara ini tidak boleh pecah karena urusan perbedaan. Pancasila sebagi dasar dan falsafah bangsa harus diartikan sebagai pemersatu dari semua perbedaan yang ada.

“Beruntung Indonesia dikaruniai agama-agama yang mengajarkan kita semua untuk berpedoman. Mari bangun ke Indonesia yang bersatu sehingga semakin kondusif dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar pengganti sementara Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok itu. (faruq)

 

 

 

SHARE
Comment