Home Politik Politisi Demokrat Minta DKPP Periksa Komisior KPU di Seluruh Indonesia

Politisi Demokrat Minta DKPP Periksa Komisior KPU di Seluruh Indonesia

Publik-News.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) diminta memeriksa seluruh Komisioner KPU, baik tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten atau Kota karena diduga ceroboh dalam mengambil keputusan. Hal ini dikatakan Wakil Sekretaris Departemen Dalam Negeri Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, Abdullah Rasyid.

Ada dua kasus yang Rasyid soroti terkait kecorobohan KPU dalam pengambilan keputusan. Kasus pertama soal tidak diloloskannya Partai Bulan Bintang (PBB) oleh KPU tapi keputusan KPU itu dimentahkan oleh Bawaslu, sehingga PBB dinyatakan memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu 2019.

Sementara kasus yang kedua adalah Keputusan KPU Sumut dalam menetapkan peserta calon Pilkada Sumatera Utara. Di Pilkada Sumut ini, KPU Sumut dianggap melakukan kesalahan sebagaimana putusan Bawaslu Sumut yang memerintahkan KPU untuk melakukan klarifikasi ulang terhadap syarat dan kelengkapan dokumen paslon JR Saragih – Ance Selian.

“Harus ada sanksi keras buat KPU, karna terbukti ceroboh dan tendensius dalam mengambil keputusan. DKPP harus segera bertindak dan memeriksa semua komisioner yang terlibat dalam hal ini,” ujar Rasyid kepada Publik-News.com, Senin (5/3/2018).

Menurur Rasyid, demokrasi Indonesia terancam jika ada komisioner penyelenggara Pemilu dan Pilkada tidak dapat menjaga independensi dan integritas lembaganya.

“Tindakan pemeriksaan DKPP ini diperlukan untuk menjaga netralitas dan independensi KPU kedepan. Karena masa depan Demokrasi Indonesia terancam jika Penyelenggara Pemilu diragukan integritasnya dan rawan intervensi,”. (PN).

Comment