Home Politik PPP Desak Pemerintah Segera Ambil Sikap Tegas Soal Rohingya

PPP Desak Pemerintah Segera Ambil Sikap Tegas Soal Rohingya

Publik-News.com – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendesak pemerintah Indonesia segera mengambil tindakan yang tegas untuk menyikapi pembantaian militer Myanmar terhadap muslim Rohingya.

Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani menyebut persoalan di Myanmar itu bukan lagi persoalan rivaliras politik melainkan sudah masuk pada pembunuhan besar-besaran.

Menurutnya, apabila persoala ini dibiarkan berlarut-larut nantinya bisa mengganggu situasi keamanan di ASEAN.

“Sangat berpotensi menimbulkan persoalan serius stabilitas keamanan kawasan ASEAN,” ujar Arsul dalam keterangan pada Sabtu (2/9/2017).

Asrul menyebut apabila pembantaian ini dibiarkan dihawatirkan umat islam diberbagai pelosok akan datang untuk membela muslim Rohingya. Seketika itu pun, tasir Prinsip Non-Interference atau tidak saling mencampuri urusan dalam negeri masing-masing antara negara anggota ASEAN harus diperbaharui.

Sebab, kata dia, prinsip itu jadi tidak berlaku ketika ada kejahatan kemuanusian. ‘Prinsip Non-Interference selama ini  menjadi golden rule bagi negara-negara anggota ASEAN,”katanya.

“Ketika yang terjadi adalah peristiwa yang mengarah pada genosida dan pembersihan etnis,  sudah selayaknya Prinsip Non-Intervensi ini ditempatkan dalam kerangka tanggung jawab untuk melindungi sebagai prinsip utama yang diakui PBB dalam hubungan  antar negara,” imbuh Arsul.(Fq)

 

 

 

 

Comment