PPP Usulkan Romi Isi Kursi Pimpinan MPR

PPP Usulkan Romi Isi Kursi Pimpinan MPR

SHARE

Publik-News.com – Wacana pembahasan penamabahan kursi pimpinan MPR menjadi 11 orang saat ini masih di bahas di Badan Legislasi (Baleg) DPR. Meski begitu, sejumlah partai politik sudah mengusulkan nama untuk mengisi kursi pimpinan MPR

Sekjen PPP, Arsul Sani mengatakan partainya telah mengusulkan nama ketua umum Romahurmuziy untuk menjadi pimpinan MPR.

“Ya, itu baru usulan dari sebagian anggota Fraksi PPP, tapi belum ditanyakan apa Ketum (Romi) PPP nya mau atau tidak,” ujar Arsul melalui pesan singkat, Rabu (24/5/2017).

Asrul menilai Romi menjadi sosok yang tepat mengisi pimpinan MPR. Karena menurutnya, Romi dikenal sebagai sosok yang selalu menyuarakan isu kebangsaan

“Ya karena beliau di PPP yang selama ini paling intens menyuarakan soal-soal kebangsaan dalam berbagai kuliah umum. Selain itu juga ceramah-ceramah agama di berbagai perguruan tinggi dan berbagai elemen masyarakat sipil lainnya,” jelas

Asrul mengatakan usulan penambahan kursi pimpinan MPR berasal dari fraksi lain. PPP kemudian hanya merespon dengan baik.

“PPP lebih memposisikan diri untuk melihat atau merespon usulan yang sudah ada dari fraksi-fraksi lain soal ini dari pada menginisiasi usul baru. Kan, ada beberapa usulan soal penambahan ini. Antara lain dari PDIP, PKB, dan lainnya,” kata Arsul.

“Nah, saat ini setelah ada pembicaraan awal mengerucut jadi dua opsi. Pertama menambah 2 di DPR dan 3 di MPR atau menambah 2 di DPR dan 6 di MPR untuk mengakomodasi fraksi-fraksi yang belum dapat porsi pimpinan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas mengatakan usulan ini bisa dibatalkan apabila pemerintah tidak menyetujianya.

“Tapi ini belum final karena belum ambil keputusan. Tentu tergantung pertimbangan masing-masing fraksi, apakah bisa, tetapi jangan lupa, semua tergantung sikap pemerintah. Sekalipun fraksi mengusulkan tapi bila pemerintah tidak setuju, tentu tidak akan selesai,” ujar Supratman di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017). (Fq)

 

 

SHARE