Home Politik Presiden Jokowi: Jika Freeport Sulit Diajak Musyawarah, Saya Akan Ambil Sikap

Presiden Jokowi: Jika Freeport Sulit Diajak Musyawarah, Saya Akan Ambil Sikap

Publik-News.com – Presiden Joko Widodo menegaskan akan mengambil sikap terhadap PT Freeport Indonesia jika tidak mengindahkan apa yang diminta oleh pemerintah. Jokowi meminta agar PT Freeport Indonesia bisa bersikap koperatif kaitannya dengan kelanjutan usaha produksinya di Papua

“Kalau memang sulit diajak musyawarah dan sulit kita ajak berunding ya nanti kita akan bersikap,”  ujar Jokowi usai meluncurkan bantuan pangan nontunai melalui kartu keluarga sejahtera di Gedung Olahraga Popki, Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (23/2/2017).

Jokowi mengatakan pemerintah ingin mencarikan solusi agar kedua pihak tidak saling dirugikan.

“Kita ingin ini dicarikan solusi menang-menang, dicarikan solusi yang win win kita ingin itu karena ini urusan bisnis,” katanya.

Maka itu, terkait peenyelesaiannnya, Jokowi mengaku menyerahkan semuanya terhadap menteri ESDM

“Ya nanti dilihat ini kan masih menteri masih berproses berunding dengan Freeport. Intinya itu aja kalau memang sulit diajak musyawarah dan sulit diajak berunding, saya akan bersikap tapi sekarang ini biar menteri dulu,” katanya.

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia menyodorkan Izin Usaha Penambangan Khusus (IUPK) sebagai pengaganti kontrak karya kepada PT PT Freeport Indonesia dalam kegiatan produksi konsentratnya, seperti emas, perak, dan tembaga

Dalam IUPK tersebut, untuk memperkuat peran pemerintah sebagai pemberi izin dengan PT PT Freeport Indonesia sebagai penerima izin. Hal itu juga mewajibkan penerima izin untuk mendivestasikan 51 persen sahamnya untuk pemerintah. (Fq)

 

Comment