Presiden Ungkap Kenaikan Harga Cabai Karena Curah Hujan

Presiden Ungkap Kenaikan Harga Cabai Karena Curah Hujan

SHARE

Publik-News.com – Presiden Jokowi mengungkapkan faktor yang bisa mempengaruhi naiknya harga cabai di beberapa daerah. Menurut Presiden, karena faktor curah hujan distribusi cabai antar daerah menjadi terganggu sehingga bisa mempengaruhi terhadap harga yang di patok pedagang tradisional.

Presdien menyebut kalau harga cabai rawit saat ini harganya 100 ribu. Cabai lain yang merah 50 (ribu), ijo 45-50 (ribu).

“Yang namanya harga tergantung supplay dan demand. Kadang musiman dan kedua karena 2016 jelek cabe,” kata Jokowi ditemui usai “blusukan” di Pasar Kanjen, Kabupaten Pekalongan pada Senin (9/1/2017) pagi.

Untuk itu, Presiden meminta supaya setiap daerah selalu mensuplay cabe agar bisa dikonsumsi meski harga saat ini masih belum stabil.

Presiden memberikan informasi kalau saat ini Menteri Pertanian Amran Sulaiman telah mencanangkan Gerakan Nasional Penanaman 50 Juta Pohon Cabai di Pekarangan yang dipusatkan di Lapangan Tembak Divisi Infantri I Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Dalam kebijakannya ini, Kementan akan menggunakan jasa ibu PKK, baik pusat maupun daerah untuk menanam 20 pohon cabai di setiap rumah.

Hal ini dilakukan  supaya penyediaan cabai kedepannya selalu aman sehingga nantinya tidak mempengaruhi terhadap kenaikan harga. (Fq)

 

SHARE