Pukat UGM Dorong Perguruan Tinggi Bentuk Pusat Kajian Antikorupsi

Pukat UGM Dorong Perguruan Tinggi Bentuk Pusat Kajian Antikorupsi

SHARE

Publik-News.com – Pusat kajian antikorupsi (PUKAT) Fakultas Hukum UGM mengelar acara Corruption Summit (ACS) 2016 di Graha Sabha di gedung Pramana UGM, Selasa (25/10/2016).

Wakil presiden jusuf kallah hadir menjadi pembicara kunci dengan tema konsolidasi gerakan antikorupsi berbasis akademisi dan kampus. Selain itu, Acara ini juga dihadiri Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi, praktisi hukum dan Forum Rektor se-Indonesia

Peneliti Pukat UGM Hifdzil Alim mengatakan peran penting dalam pencegahan korupsi adalah dimulai dari perguruan tinggi. Segala bentuk kejahatan tindak pidana korupsi harus bisa diberantas salah satunya dengan melalui pembentukan pusat antikorupsi antar perguruan tinggi yang nantinya bisa menjadi mitra KPK.

Salah satu rekomendasi diselenggarakanya acara Corruption Summit (ACS) 2016 ini adalah mendorong perguruan tinggi (PT) fakultas se-Indonesia untuk membentuk pusat kajian antikorupsi

“Namun demikian, belum semua PT berhasil menjalankan amanat tersebut karena beberapa sebab,” katanya.

Dalam sambutannya, Rektor UGM Prof.Dwikorita Karnawati menyatakan, ACS 2016 kali merupakan tindak lanjut dari ACS 2005, sehingga perguruan tinggi bisa seling bekerja sama melalui pusat kajian antikorupsi membantu KPK dalam pemberantasan korupsi.

“Tidak sedikit civitas akademika yang belum melek hukum mengenai tindak korupsi. Oleh karena itu, diharapkan summit ini akan menjadi bagian dari proses pembelajaran dan penguatan kapasitas anti korupsi di kalangan civitas akademika, sehingga kami lebih cakap mencegah dan memberantas tindak korupsi lewat Tri Dharma PT.
(Faruq)

SHARE
Comment