Puluhan Pemuda Pulau Kangean Nyaris Ngamuk di Kantor Syahbandar Kalianget

Puluhan Pemuda Pulau Kangean Nyaris Ngamuk di Kantor Syahbandar Kalianget

SHARE

Publik-News.com – Puluhan Pemuda dari Pulau Kangean mengguruduk kantor Syahbandar yang berlokasi di pelabuhan Kalianget, Sumenep. Massa mengatasnamakan diri Aliansi Penumpang Ekspres Bahari (APEB) .

Reaksi mereka ini disebabkan karena ratusan warga pulau Kangean yang hendak mudik ke kampung halamannya tertahan di sekitar Pelabuhan Kalianget lantaran tidak adanya kapal laut yang bisa beroperasi ke Pulau Kangean.

Massa aksi menuntut pihak Syahbandar segera mengambil sikap atau kebijakan karena Hari Raya Idul Fitri sudah semakin dekat. Massa menyebut bahwa ratusan warga pulau Kangean yang tertahan di Pelabuhan Kalianget, itu mestinya berangkat pada (19/6/2017) kemarin, dengan menggunakan Kapal Ekspres Bahari. Kapal Ekspres Bahari ini berada di bawah PT. Inti Sakti Makmur selaku pemenang dalam tender mudik gratis untuk warga Kepulauan.

Beruntung, massa aksi unjuk rasa ini mendapatkan pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Sehingga, massa terkendali dan aksi unjuk rasa berjalan damai. Salah satu orator, Arifin mengatakan mudik gratis hanya akal-akalan karena dana yang dipergunakan untuk mudik gratis ini diambilkan dari APBD yang notabeni uangnya bersumber dari rakyat.

“Mudik gratis itu kata siapa tidak bayar? Itu istilah saja, sesungguhnya kita ini bayar yang diambilkan dari uang rakyat, iaitu APBD, jadi pihak Ekpres Bahari jangan seenaknya kepada kami,” ujarnya.

Disebutkan juga bahwa pihak Syahbandar sudah dua kali membohongi warga Pulau Kangean dengan alasan tidak jelas. Apa yang dijanjikan pihak Syahbandar belum juga membuahkan hasil dan bahkan menyebabkan ratusan warga yang berada di sekitar Pelabuhan Kalianget emosi.

“Kami sudah dua kali dibohongi oleh Syahbandar dan Pihak Kapal Ekpres Bahari, dimulai kemarin (19/06) katanya hanya ada penundaan jam saja dari pukul 08.00 Wib ditunda ke pukul 14.00 Wib, tapi itu tidak dilakukan, dan janji kedua juga dibohongi, dimana dari pukul 14.00 Wib ditunda pada hari ini (21/06) pukul 06.00 Wib pagi tadi, tapi itu juga tidak kunjung direalisasikan, kita ini bukan mainan pak, kita ini bukan binatang pak, jangan semaunya sendiri,” katanya.

Massa aksi kemudian ditemui pihak Syahbandar, Manajer Ekspres Bahari, dan Dinas Perhubungan. Perbicangan mereka untuk mencari jalan keluar tentang tidak adanya transportasi laut ini berjalan alot. Namun demikian, solusi memberangakatkan warga Pulau Kangean menyepakati dua hal.

Pertama, warga Kangean akan diberangkatkan dengan menggunakan Kapal Bahari Exspres pada Rabu (21/6/2017) besok. Kedua, pihak Ekpres Bahari akan melakukan pelayaran denga pola dua trip, dimana yang pertama dilakukan pada Pukul 05.00 Wib dan trip keduanya pada pukul 15.00 Wib besok.

Kotrak kesepakatan bersama ini dibuat dan ditandatangai oleh pihak Ekpres Bahari, APEB/Perangkat Aksi dan disaksikan oleh Kapolsek Kalianget dan Danramil setempat. (HS)

SHARE
Comment