Home Politik Putaran Kedua Pilgub DKI, Mendagri: Ahok Tak Harus Cuti

Putaran Kedua Pilgub DKI, Mendagri: Ahok Tak Harus Cuti

Publik-News.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebut calon petahana tidak diharuskan mengambil cuti ketika masuk putaran kedua Pilkada dengan beberapa syarat.

Menurut Tjahjo, dalam Pilkada DKI, paslon nomor urut 2, Ahok-Djarot diharuskan mengambil cuti apabila mekanisme penyelenggaraan Pilkada sama seperti putaran pertama. Nantinya, kata Tjahjo, pihaknya akan menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur

Namun, lanjut Tjahjo, apabila penyelenggaraan Pilkada DKI putaran kedua bersifat tertutup dalam penyampainan visi misi, dan debat, maka pengambilan cuti tidak diperlukan.

“Tapi, jika KPU mau memutuskan ada kampanye satu bulan, misal nanti¬†kan¬†April satu bulan lagi, maka apapun yang menyangkut pejawat, sesuai UU mengatakan harus cuti,” ujarnya di kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Senin (27/2).

Ia mengatakan, Kemendagri saat ini tidak memberikan pertimbangan kepada KPU mengenai cuti calon petahana. Namun, ia mengaku akan menunggu keputusan dari KPU terkait penyelenggraan Pilkada putaran kedua ini.

“Memang sekarang belum diputuskan apakah ada cuti atau tidak,” kata Tjahjo.

Seperti diketahui, KPU DKI mengumumkan penetapan putaran kedua Pilkada DKI akan berlangsung pada 4 Maret 2017. Sedangkan rekapitulasi daftar pemilih dijadwalkan pada 5 Maret hingga 19 April

Sementara sosialisasi Pilkada berlangsung pada 4 Maret hingga 15 April. Adapun tahapan kampanye dan penajaman visi-misi paslon dijadwalkan pada 6 hingga 15 April 2017. Masa tenang Pilkada berlangsung pada 16-18 April. Sedangkan pencoblosan dilangsungkan pada 19 April. (Fq)

 

Comment