Ramai Tangguhkan Penahanan Untuk Ahok, Yusril: Tergantung Keputusan Hakim PT Jakarta

Ramai Tangguhkan Penahanan Untuk Ahok, Yusril: Tergantung Keputusan Hakim PT Jakarta

SHARE

Publik-News.com –Majelis Hakim sudah memerintahkan penahanan terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok saat ini sudah ditahan di rutan Cipinang yang kemudian dipindah¬† ke Maka Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Djarot Saiful Hidayat, Veronica Tan, Prasetio Edi Marsudi, dan Djan Faridz sudah mengajukan diri untuk menangguhkan penahanan terhadap Ahok. Namun, hal itu tegantung dari pertimbangan ketua Pengadilan Tinggi Jakarta atau majelis hakim apakah dikabulkan atau tidak.

“Penahanan Ahok bisa ditangguhkan oleh ketua atau majelis hakim yang menangani perkara Ahok di Pengadilan Tinggi Jakarta karena Ahok ajukan banding. Tapi semuanya tergantung pertimbangan Ketua PT atau majelis hakim apakah akan dikabulkan atau tidak,” ujar pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra dalam keterangannya, Rabu (10/5/2017).

Menurut Yusril, hakim bisa mempertimbangkan apakah penangguhan penahanan itu dikabulkan atau tidak setelah permohonan banding Ahok di register oleh Pengadilan Tinggi Jakarta
“Namun proses untuk mempertimbangkan apakah permohonan penundaan itu akan dikabulkan atau tidak, baru bisa dilakukan apabila berkas permohonan banding Ahok sudah di register di pengadilan tinggi,” kata Yusril.
Sebelumnya, majelis hakim menjatuhkan vonis hukuman dua tahun penjara untuk Ahok. Ahok dinilai terbukti melakukan penodaan agama dengan mengutip surat Al Maidah 51 saat melakukan kunjungan kerja di Kepulauan Seribu. (Fq)

SHARE
Comment