Rencana Pansus Panggil Agus, Begini Reaksi KPK

Rencana Pansus Panggil Agus, Begini Reaksi KPK

SHARE

Publik-News.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) angkat bicara soal rencana pansus angket memanggil Ketua KPK Agus Rahardjo.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menyebut pemanggilan itu sebetulnya sudah mencampuri proses hukum yang sedang berjalan.

“Jika Pansus masuk pada materi perkara yang sedang berjalan, dalam hal ini kasus KTP-el, maka tentu wajar kita bertanya, apakah hal tersebut tidak bisa disebut mencampuri proses hukum?” kata Febri, Kamis (3/8/2017).

Febri berharap semua pihak bisa menghormati proses hukum yang sedang diusut KPK. Terlebih, dalam kasus e-KTP KPK sudah menetapkan dua tersangka baru, yakni Setya Novanto dan Markus Nari.

“Kasus KTP-el ini pun sudah diputus di sidang untuk dua terdakwa dan sedang berjalan di penyidikan untuk dua tersangka,” kata dia

Menurut Febri, anggapan pansus angket bahwa Agus terlibat dalam korupsi e-KTP tidak benar. Justru, kata dia, saat Agus menjabat ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP) memberikan rekomendasi agar proyek itu tidak dilakukan seperti kasus yang terjadi saat ini.

“Tapi saat itu Kemendagri tidak mengikuti saran tersebut. Tentang keterlibatan pihak-pihak, tentu karena ini proses hukum maka harus mengacu pada apa yang dibuka di persidangan,” kata dia.(Fq)

 

SHARE
Comment