Ridwan Kamil Bisa Ditinggal Partai Koalisi Pendukungnya Apabila…………..?

Ridwan Kamil Bisa Ditinggal Partai Koalisi Pendukungnya Apabila…………..?

SHARE

Publik-News.com – Ridwan Kamil dianggap bisa saja batal menjadi Calon Gubernur Jawa Barat. Sebab, bukan tidak mungkin partai yang sudah menentukan dan mengeluarkan rekomendasi meninggalkan RK. Terbukti, Golkar sudah menarik dukungan dari dia.

Pakar politik dan pemerintahan dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, Firman Manan, memberikan ada beberapa opsi agar RK tidak ditinggalkan partai pendukungnya.

“Pertama, dari sejumlah calon wakil gubernur yang disodorkan, Emil harus objektif dengan memilih sosok yang benar-benar memiliki popularitas dan elektabilitas tertinggi,” ujar Firman.

Kedua, apabila Emil nantinya terpilih sebagai gubernur yang baru, ia harus memberi insentif kepada partai pengusung terutama yang kadernya tidak dipilih sebagai wakil gubernur. “Dicari bentuk-bentuk insentif lainnya,” kata dia.

Insentif yang dapat diberikan kepada partai pengusung itu bisa dengan bermusyawarah seperti dalam pengaturan koalisi di pemilu bupati/wali kota. Dengan begitu, NasDem, PKB, dan PPP yang mengusung Emil bisa kembali berkoalisi di pemilu bupati/wali kota untuk membagi kandidat-kandidat yang akan disusun.

PKB mengancam akan meninggalkan Emil jika wali kota Bandung itu tidak memenuhi komitmenya untuk memilih cawagub berdasarkan hasil musyawarah partai pendukung. Sekretaris DPW PKB Jawa Barat, Sidkon Djampi, menyebut kesepakatan tersebut merupakan bagian komitmen bersama antara partai pendukung dan Ridwan Kamil.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sebelumnya akan memutuskan nama pendampingnya dengan meminta masukan terlebih dahulu kepada tokoh-tokoh Jawa Barat. Setelah mendapatkan masukan, Emil rencananya akan mengumumkan siapa sosok yang dianggap pas sebagai Cawagub pada Rabu (20/12) nanti. (Ant/Ts/PN)

SHARE
Comment