RKIH Siap Bantu BNPP Percepat Pembangunan di Wilayah Perbatasan

RKIH Siap Bantu BNPP Percepat Pembangunan di Wilayah Perbatasan

SHARE

Publik-News.com – Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) mengaku siap memberikan dukungan kepada Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) untuk melakukan percepatan pembangunan wilayah perbatasan.

Hal tersebut dikatakan Ketua Dewan Pembina RKIH, Kris Budihardjo. Kris mengatakan bahwa sejak dua tahun terakhir ini RKIH mendapingi kegiatan BNPP, hanya saja mulai intens berjalan seiring sejak setahun terakhir, terutama di Kalimantan Barat. Dikatakan Kris, RKIH telah menyiapkan 70 Rumah Desa yang biasa dipakai untuk rembug desa dalam kegiatan dan telah menyiapkan 500 hektar lahan yang siap dicetak menjadi sawah okeh BNPP.

Namun, kata Kris, Kementerian teknis terkait belum memberikan respon yang positif. Kris kemudian menyayangkan sikap kementerian dimaksud tersebut. Hal ini dikatakan Kris usai menjadi narasumber pada Rakor Abangtas Propinsi Kaltara dan Kaltim di Malinau beberapa belum lama ini.

“Insya Allah ke depan RKIH akan memberikan support dan pemikiran yang progresif untuk BNPP agar tidak ada lagi masyarakat wilayah perbatasan yang memiliki anekdot ” katanya.

Untuk diketahui, percepatan pembangunan di wilayah perbatasan memang sedang menjadi perhatian khusus dari Presiden Jokowi. Hal itu tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kepedulian dan niat baik Jokowi ini wajib disambut secara komprehensip, dimana keterkaitan stake holder menjadi prioritas yang harus dilakukan bersama, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Propinsi, Pemerintah Kabupaten Kota dan Swasta serta masyarakat dan LSM.

Menindak lanjuti keinginan Presiden tersebut upaya konkrit yang telah dilakukan adalah dengan mengoptimalkan peran Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan ( BNPP ) sebagai Badan Negara yang ditunjuk untuk mengkoordinasikan Kementerian dan Lembaga terkait.

Menurut Kris, BNPP sebagai Konduktor saat ini sudah memulai peran yang cukup besar dalam percepatan pembangunan wikayah perbatasan. Hanya saja, tambah dua, Kementerian dan Lembaga belum memberikan support atas inisiasi yang telah dilakukan oleh BNPP tersebut. Padahal, upaya nyata BNPP wajib didukung, salah satu bentuk dukungannya adalah dengan memberikan masukan dan konsep pembangunan wikayah perbatasan, terutama pembangunan berbasis pada ekonomi kerakyatan, dan yang cocok untuk itu adalah Integrated Farming dan Infrastruktur .

“Pembanguan sara dan prasarana fisik tanpa adanya kegiatan farming saya rasa kurang tepat, demikian sebaliknya adanya kegiatan pertanian yang terintegrasi tapi tidak adanya sarana fisik yang memadai sama saja bohong ,” ucap Kris.
(Hurri Rauf)

Comment