Home Hukum Saksi Ahli Pidana: Ahok Sengaja Sebut Surat Al-Maida Ayat 51

Saksi Ahli Pidana: Ahok Sengaja Sebut Surat Al-Maida Ayat 51

Publik-News.com – Ahli hukum pidana dari Universitas Islam Indonesia (UII) Mudzakkir dihadirkan sebagai saksi hali dalam sidang lanjutan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahja Purnama alias Ahok kantor Kementerian Pertanian.

Dalam kesaksiannya, Mudzakkir mengatakan Ahok sengaja menyinggung Surat Al-Maidah ayat 51 saat menyampaikan pindato kepada warga di Kepulauan Seribu. Sebagai umat non muslim, Ahok tidak seharusnya menyinggung atau mengutip kitab suci umat Islam.

“Harusnya kata-kata itu enggak keluar. Jelas ada kesengajaan. Masyarakatnya banyak beragama Islam. Seharusnya dia tidak menggunakan kata-kata yang menyakiti masyarakat Muslim,” ujar Mudzakkir dalam persidangan di Kementerian Pertanian, Selasa (21/2/2017).

Sebagai pejabat publik, Ahok seharusnya menjaga etika dan komunikasi agar pembicaraannya tidak menyinggung atau menyakiti persaan orang lain. Apa yang disampaikan Ahok yang mengutip surat Al Maidah ayat 51 di Kepulauan Seribu, tentu mengundang reaksi dari masyarakat yang beragama Islam.

“Lalu jabatan dia sebagai pejabat publik, seharusnya bisa menjaga perasaan rakyatnya yang beragama Islam,” ujar Mudzakkir. (TK)

Comment