Sebanyak 36 Ribu Pemudik Menggunakan Kereta Tujuan Jogjakarta

Sebanyak 36 Ribu Pemudik Menggunakan Kereta Tujuan Jogjakarta

SHARE

Publik-News.com – Perusahaan Terbatas Kereta Api Indonesia Daerah Opersional 6 Yogyakarta memprediksi jumlah penumpang kereta yang akan turun di Daerah Istimewa Yogyakarta pada arus mudik Lebaran 2017 sekitar 30 ribu sampai 36 ribu pemudik.

“Sampai Rabu, jumlah pemudik yang tiba di stasiun Daop 6 Yogyakarta sekitar 26 ribu orang yang berasal dari wilayah barat,” kata Kepala PT KAI Daop VI Yogyakarta Hendy Helmy di Kulon Progo, Kamis (22/6/2017).

Ia mengatakan volume pemudik di Daop 6 Yogyakarta ada kenaikan 10 persen. Kenaikan ini disebabkan adanya kebijakan larangan mudik menggunakan sepeda motor. Pemudik memilih menggunakan bus gratis atau naik kereta.

“Kami berharap jumlah pemudik mengalami peningkatan,” harapnya.

Hendy mengatakan Daop VI Yogyakarta tidak melakukan persiapan khusus mengantisipasi lonjakan pemudik. Pelayanan KAI sudah tidak seperti dulu, setiap orang dalam jumlah berapa pun bisa naik, sekarang sudah dibatasi sesuai tempat duduk. Namun demikian, KAI menyiapkan sarana dan prasarana stasiun yang memadai.

Selain itu, PT KAI sudah menyiapkan delapan kereta tambahan dan satu Kereta Mataram dengan 800 tempat duduk tujuan Yogyakarta-Pasar Senen.

“Kereta Mataram difasilitasi AC, tempat duduk yang bagus, dan televisi. Secara bertahap, kereta ini akan mengantikan kereta eksekutif yang sudah mulai rusak,” katanya.

Sebelumnya, Kapolda DIY Brigjen (Pol) Ahmad Dofiri mengatakan kondisi jalur kereta Daop 6 Yogyakarta sudah baik dan siap untuk arus mudik Lebaran ini. Ia berharap kondisi tersebut memberikan kenyaman penumpang, sehingga para pemudik selamat sampai tujuan.

“Kami berharap pelaksanaan arus mudik kereta api di Yogyakarta siap dan berjalan aman. Jadi kemarin kami sudah memastikan jalur di jalan raya aman, sudah kami cek. Mulai dari jalur jalan raya menuju Purworejo, Magelang dan Solo tidak ada hambatan,” katanya. Antara

 

SHARE
Comment