Home Hukum Sekjen FUI Ditangkap Polisi, ACTA Yakin Umat Islam Semakin Solid Membela Ulama

Sekjen FUI Ditangkap Polisi, ACTA Yakin Umat Islam Semakin Solid Membela Ulama

233

Publik-News.com – Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Y. Nurhayati menilai penangkapan lima orang dengan tudan makar oleh polisi tidak akan menyurutkan semangat umat Islam di seluruh tanah air dalam menuntut keadilan.

“Tidak, bahkan girah dan semangat umat Islam akan semakin berkibar dan bersatu membela ulama yang mengalami kriminalisasi oleh aparat,” ujar Nurhayati saat dihubungi Publik-News.com, Jumat (31/3/2017).

Diketahui, ada lima orang yang ditangkap polisi karena dididuga akan melakukan tindak kejahatan makar. Salah satu yang ditangkap polisi ini adalah Sekjen Forum Umat Islam (FUI), Muhammad Al-Khaththath.

Menurut Nurhayati, tuduhan makar terhadap ulama seperti Sekjen FUI cukup berlebihan. Nuryahati sendiri tidak melihat adanya indikasi Sekjen FUI akan melakukan tindak kejahatan makar meski sebagai inisiator aksi 313 untuk menuntut Ahok dipenjara dan diberhentikan sebagai Gubernur DKI Jakarta karena sudah menyandang status terdakwa penodaan agam.

“Padahal kebebasan mengemukakan pendapat di muka umum itu dilindungi undang-undang. Dan tidak ada indikasi mengarah ke makar sebagaimana yang dituduhkan. Polisi punya alibi. Yang kami tidak mengerti karena pasal yang digunakan adalah pasal karet yakni pemufakatan makar,” katanya. (HR)

Comment