Sesama Kader PDIP Beda Pendapat Soal Pembekuan KPK

Sesama Kader PDIP Beda Pendapat Soal Pembekuan KPK

SHARE

Publik-News.com – Politisi senior PDI Perjuangan yang juga anggota Pansus Angket KPK, Henry Yosodiningrat meminta agar KPK dibekukan. Permintaannya dilandasi temuan-temuan yang sudah didapat pansus angket.

Menurut Henry, kewenangan KPK terhadap penyidikan dan penuntutan perlu dikembalikan pada institusi penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan. Kepolisian memegang penuh kewenangan penyidikan sementara kejaksaan terhadap fungsi penuntutan.

Dia melihat pada temuan Pansus Angket yang menemukan fakta bahwa barang bukti yang disita KPK tak bermuara ke pengadilan.

“Ada lagi barang bukti yang sampai bermuara ke pengadilan. Kemudian sudah diputus tapi tidak dilaksanakan,” kata Henry, Jumat (8/9/2017).

Menanggapi pernyataan Henry Yosodiningrat, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membantah pembentukan Pansus Angket KPK untuk membubarkan atau membekukan lembaga antikorupsi.

“Pansus Angket KPK sebagai bagian dari pengawasan DPR guna meningkatkan kinerja KPK serta mendorong kerja sama antar lembaga penegak hukum sehingga efektivitas pemberantasan korupsi dapat ditingkatkan,” kata Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Jakarta, Sabtu (9/9/2017).

Hasto menuturkan, partai politik tidak berada pada posisi meminta pembubaran atau pembekuan KPK. Namun memberikan rekomendasi agar KPK semakin kredibel dan menjalankan tugas dan fungsinya.

“Atas dasar hal tersebut PDI Perjuangan menegaskan pentingnya penguatan pengawasan internal, termasuk mendorong akuntabilitas dalam keseluruhan proses hukum pemberantasan korupsi agar sesuai dengan standard operating procedure yang ada,” imbuh Hasto.

Selain itu, dia menilai kewenangan KPK sangat besar sehingga mekanisme pengawasan harus efektif terhadap kinerja KPK. Utamanya untuk memastikan pencegahan dan penegakan hukum yang berkeadilan dalam rangka pelembagaan budaya tertib hukum.

PDI Perjuangan pun menginstruksikan kepada seluruh anggota Pansus dari Fraksi PDI Perjuangan untuk lebih mengedepankan berbagai gagasan positif terkait dengan fungsi pengawasan dan peningkatan kinerja KPK.

“Saya minta anggota Pansus dari PDI Perjuangan agar mengedepankan fungsi pengawasan dan peningkatan kinerja KPK,” pungkasnya. RF

 

SHARE
Comment