Setalah Ahok Nistakan Agama, Wiranto Sebut Pendataan Ulang Ormas Sangat Penting?

Setalah Ahok Nistakan Agama, Wiranto Sebut Pendataan Ulang Ormas Sangat Penting?

SHARE

Publik-News.com – Menko Polhukam Wiranto meyebut organisasi kemasyarakata harusnya memberikan kontribusi positif bagi bangsa. Namun sebaliknya, kata dia, tidak sedikir ormas yang melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan visi-misinya.

“Kita lihat beberapa ormas justru kebalikan dari itu. Banyak yang membuat permasalahan di negeri ini,” ujar Wiranto.

Pernyataan Wiranto ini disampaikan setelah menggelar pertemuan dengan Menteri hukum dan HAM, Yasonna Laoly. Jaksa Agung Prasetyo dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan.

Dalam pertemuan itu, dibahas soal pendataan ulang semua ormas keagamaan di Indonesia, baik yang terdaftar maupun tidak terdaftar. Jumlahnya, ada sekitar 250.000 lebih ormas yang ada di Indonesia.

Menurut Wiranto, pendataan ulang ormas sangat penting untuk mendeteksi ormas-ormas yang menyimpang dari visi-misi pembangunan negara ini. Jika sudah terdeteksi, Wiranto berujar, pemerintah akan menertibkannya.

“Dari sana kita nanti mempelajari ormas-ormas mana yang nanti kita berikan peringatan untuk kembali masuk ke koridor yang sama dengan program-program pemerintah kita dalam membangun berbagai aspek kehidupan di negara kita,” katanya.

Untuk diketahui, pendataan ulang jumlah ormas keagamaan ini dilakukan setelah jutaan umat Islam menggelar aksi unjuk rasa terkait penistaan agama yang diduga dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok.

Unjuk rasa sudah dan akan kembali digelar pada 2 Desember 2016 mendatang. Tuntutannya sama, yakni meminta pemerintah memproses Ahok secara transparan. Juga memenjarakan Ahok karena dia sudah menyandang status tersangka penistaan agama. (Taufik)

SHARE
Comment