Home Nasional Soal Banjir Jakarta, Anies: Kenapa Normalisasi Terhenti Sejak Tahun 2014?

Soal Banjir Jakarta, Anies: Kenapa Normalisasi Terhenti Sejak Tahun 2014?


Publik-News.com – Cagub DKI Jakarta Anies Baswedan hari ini mendatangi lokasi yang terkena banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Anies menyinggung perihal adanya normalisasi sungai yang terhenti sejak tiga tahun terakhir.

Sambil berbicang dengan korban banjir, Anies mengatakan untuk mengatasi banjir tidak perlu warga direlokasi. Melainkan, kata Anies, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengelola tata kelola lingkungan yang berpotensi terkena banjir

“Nggak (perlu relokasi), itu bisa ditata ulang lingkunganya tanpa harus dipindahkan dan itu bisa dikerjakan, tinggal kemauan saja kok,” ujar Anies di RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Kampung Makasar, Jakarta Timur, Senin (20/2/2017).

Anies mengatakan penyebab adanya banjir ini dikarenakan proyek normaliasi Kali Krukut terhenti sejak 3 tahun ini.

“Normalisasinya itu berhenti mulai tahun 2014, makanya harus dicek kenapa normalisasinya itu berhenti mulai tahun 2014, ada masalah apa bisa berhenti. Karena kalau itu berjalan harusnya bisa selesai dengan baik,” ujar Anies.

“Tadi saya datang ke sini melihat nyata situasinya, lihat dari dekat, merasakan, dan juga mendengar apa masalahnya. Saat ini saya belum jadi gubernur, jadi saya belum bisa berbuat langsung. Tapi satu hal yang pasti, coba lihat nanti dilihat rencana tahun 2014. Karena menurut laporan berhenti mulai tahun 2014 (normalisasinya), kenapa tidak terlaksana,” imbuhnya.

Usai meninjau lokasi banjir, Anies kemudian menuju tempat korban warga yang mengunsi di Masjid Universitas Borobudur.(Fq)

Comment