Soal Dugaan Kriminalisasi Ulama, Komnas HAM Temui Wiranto

Soal Dugaan Kriminalisasi Ulama, Komnas HAM Temui Wiranto

SHARE

Publik-News.com – Komisioner Komnas HAM hari ini menemui Menko Polhukam Wiranto untuk membahas adanya dugaan kriminalisasi ulama dan pembubaran HTI. Pertemuan ini dilakukan untuk menindaklanjuti laporan dari sejumlah aktivis dan tokoh agama.

“Laporan dari presidium 212 plus HTI. Mereka menyampaikan persoalan yang dihadapi para ulama, aktivis, dan beberapa orang termasuk kebebasan berserikat oleh organisasi yang namanya HTI,” kata Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai di Kemenko Polhukam, Jl Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2017).

Pigai berharap Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo, dan Badan Intelijen Negara Budi Gunawan bisa menghadiri pertemuan ini. Sehingga nantinya Komnas HAM bisa menindaklanjuti penyelidikan ini yang kemudian akan dibawa ke Presiden Jokowi

“Setelah itu dalam proses ini kami belum mengeluarkan rekomendasi. Rekomendasi sementara kami tahan karena presidium 212 dan pengacaranya meminta supaya Komnas HAM memediasi dengan pemerintah,” ucap dia.

“Pertemuan ini hanya untuk menyampaikan bahwa negara atau pemerintah harus ambil langkah progresif ciptakan kedamaian antara pemerintah dengan komunitas muslim. Salah satu langkah yang perlu diambil yaitu bertujuan untuk ciptakan kedamaian dan hentikan kegaduhan,” imbuhnya.(Fq)

 

SHARE
Comment