Soal Nasib Archandra, Ketua DPR Pasrah Ke Jokowi

Soal Nasib Archandra, Ketua DPR Pasrah Ke Jokowi

SHARE

Publik-News.com – Pemerintah tengah mewacanakan Archandra Tahar untuk diproses menjadi WNI kembali setelah yang bersangkutan diketahui memiliki kewarganegaraan ganda. Muncul spekulasi Archandra akan diangkat kembali menjadi menteri ESDM setelah dirinya resmi menjadi WNI.

Ketua DPR Ade Komarudin mengaku tidak masalah jika setelah menjadi WNI nanti Archandra diangkat kembali menjadi Menteri ESDM. Ia memasrahkan persoalan tersebut kepada presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Masalah itu hak prerogatif presiden. Diangkat atau nggak, itu hak presiden. Yang pasti menurut saya masalah ini khan bisaa di clear-kan,” ujar Akom di gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/8/2016).

Akom mengungkapkan pemerintah harus lebih banyak menggunakan pertimbangan saat meminta orang yang sudah berkiprah di luar negeri untuk kembali ke Indonesia. Pasalnya, terdapat banyak contoh dimana pemerintah justru gagal memberi ruang bagi mereka untuk berkarya di Indonesia.

Akom menyebutkan pemerintah Indonesia beberapa kali menarik sipil keturunan Indonesia yang pernah tinggal di luar negeri untuk berkiprah di dalam negeri. Tetapi, kata Akom, pemerintah justru gagal memberikan fasilitas bagi pengembangan kemampuan baginya.

“Menurut saya sayang, lebih baik kita urus dengan baik,” ucapnya.(Ahmad)

Comment