Soal Perppu Ormas, Pemuda Muhammadiyah Anggap Pemerintah Mirip Orde Baru

Soal Perppu Ormas, Pemuda Muhammadiyah Anggap Pemerintah Mirip Orde Baru

SHARE

Publik-News.com – Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut pemerintah seolah bertindak seperti orde baru dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) ormas.

Pasalanya, dalam Perppu itu meniadakan pembubaran ormas harus dilakukan melalui proses peradilan.

“Jangan sampai pemerintah justru bertindak represif seperti era Orde Baru, karena justru perilaku seperti itu berpotensi abuse of power dan pasti mengancam demokrasi Pancasila yang sudah kita tata 20 tahun belakangan ini,” kata Dahnil dalam siaran pers, Kamis (13/7/2017).

Ia menyebut Perppu ini bisa menimbulkan kesewenangan pemerintah untuk membubarkan ormas. Menurutnya, cara terbaik membubarkan ormas adalah melalui mekanisme hukum.

“Sebaliknya pemilihan cara soft approach lebih tepat dan efektif karena tidak menimbulkan kebencian dan dendam yang justru melahirkan kelompok-kelompok radikal bar,”kata Dahnil.

“Langkah soft approach bisa dilakukan oleh pemerintah dibantu oleh organisasi masyarakat seperti Muhammadiyah, Persis, Al-Irsyad, HKBP, Nomensen, Walubi, PGI dan organisasi kemasyarakatan lainnya melalui dialog yang intensif, pembinaan secara berkelanjutan,” tuturnya. (Fq)

 

SHARE
Comment