Sudirman Said Bilang Pernyataan Wapres Soal Reklamasi Pulau C dan D Sejalan...

Sudirman Said Bilang Pernyataan Wapres Soal Reklamasi Pulau C dan D Sejalan dengan Anies

SHARE

Publik-News.com – Ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi, Sudirman Said mengatakan pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tentang kelanjutan pembangunan Pulau C dan D di kawasan reklamasi Teluk Jakarta sejalan dengan pemikiran Gubernur/Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

“Yang disampaikan Pak Wapres itu konsisten dengan yang ada di pikiran Pak Anies dan Bang Sandi. Tapi bukan berarti seperti sekarang dalam pelaksanaan, bukan dalam sarana komersial. (Yang dipikirkan Anies-Sandi) bagaimana pemanfaatannya, harus sesuai dengan UU yang berlaku,” kata Sudirman dalam diskusi “Stop Reklamasi Teluk Jakarta”, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Sebelumnya, Kalla menyatakan pemerintah akan menyelesaikan proyek di Pulau C dan D di kawasan reklamasi Teluk Jakarta karena sudah terlanjur dibangun.

Menurut Sudirman, tidak mungkin pulau-pulau yang sudah dibuat dibongkar.

“Seperti yang berulangkali saya katakan pulau yang sudah dibangun itu tidak mungkin dibongkar. Akan Ada masalah lingkungan baru, kemudian ongkos lagi. Azas manfaat harus ditegakkan dengan referensi aturan yang berlaku,” katanya.

Meski demikian, lanjur Sudirman, pemerintah belum memiliki rencana penggunaan pulau-pulau yang sudah terlanjur dibuat itu.

“Belum lah. Kan lihat kronologisnya, dasar hukumnya, mendengar pendapat ahli lingkungan bagaimana, ahli hukum bagaimana, ahli tata negara bagaimana,” katanya. (Ts/PN)

Comment