Surat Edaran Menhub: Truk Mulai Beroperasi 3 Juli 2017

Surat Edaran Menhub: Truk Mulai Beroperasi 3 Juli 2017

SHARE

Publik-News.com – Kementerian Perhubungan mengeluarkan surat edaran terkait penundaan beroperasinya truk angkat barang saat arus balik lebaran. Penundaan ini akan dilakukan hingga tanggal 3 Juli mendatang.

Surat edaran itu tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK 2717/AJ.201/DRJD/2017 tentang pengaturan lalu lintas dan pengaturan kendaraan.

“Dirjen sudah keluarkan surat edaran yang menyatakan Kemenhub mengimbau dan memberi rekomendasi ke Polri, kepada truk yang semula diperkenanakan tanggal 30 Juni untuk beroperasi seyogyanya ditunda hingga tanggal 2 Juli pukul 24.00 WIB baru beroperasi kembali,” kata Menhub Budi kepada wartawan di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (29/6/2017).

Surat edaran ini sifatnya hanyalah imbauan. Untuk pelaksanaan penundaan beroperasinya truk ini diserahkan kepada pihak kepolisian.

“Khususnya untuk truk angkut barang dari arah Timur ke Barat, manajemen detailnya jika terjadi suatu kemacetan menjadi kewenangan Polri untuk menunda sementara truk-truk tersebut. Setelah itu merekomendasikan ke Polri untuk rekayasa lalu lintas mana yang diperlukan,” jelasnya.

Menurutnya, keputusan ini dilakukan setelah sebelumnya melakukan kordinasi dengan Kadin, Asosiasi Logistik Forwarder Indonesia (Alfi) dan asosiasi truk.

“Jika kondisi normal masih diperkenankan, kalau stuck kita minta toleransinya truk untuk berhenti. Kalaupun masih bisa ditunda hingga hari Senin, karena dengan berat hati besok ada intrupsi bergeraknya lalu lintas dari Timur ke Barat,” katanya.(Fq)

SHARE
Comment