Surat Sakit Novanto Dicurigai Hasil Dari Pesanan

Surat Sakit Novanto Dicurigai Hasil Dari Pesanan

SHARE

Publik-News.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak menyiapkan dokter untuk mengecek kepastian seorang saksi atau tersangka ketika melayangkan surat sakit.

Pakar Hukum, Politik, dan Pemerintahan dari Universitas Parahyangan Bandung, Asep Warlan menduga alasan Setya Novanto karena sakit merupakan bentuk akal-akalan semata untuk menghindar dari pemeriksaan.

“Soal sakitnya Setya Novanto, KPK harus memberikan atau menyediakan dokter lain sebagaiĀ second opinion, betul apa tidak sakitnya yang didasarkan pada keterangan dokter yang memberikan surat keterangan sakit itu,” tutur Asep, Selasa (12/9/2017)

Menurutnya, surat sakit itu bisa saja dipesan oleh pasien. “KPK harus berupaya, karena surat sakit itu bisa jadi karena permintaannya pasien,” kata dia.

Ia menambahkan, ketidakhadiran Novanto itu dalam pemeriksaan pertama sebagai tersangka e-TKP memberikan contoh yang buruk. Sebab, Novanto merupakan tokoh nasional yang seharusnya memberikan contoh yang baik dalam menghormati proses hukum

“Jangan seolah mentang-mentang dia sebagai Ketum Golkar dan Ketua DPR sehingga melecehkan. Ini penting sebagai pesan bahwa tiap orang itu sama di hadapan hukum, tanpa kecuali,” kata dia. (Fq)

 

SHARE
Comment