Survey: 95 Persen Warga Muslim Menginginkan Sandiaga Uno Pimpin DKI

Survey: 95 Persen Warga Muslim Menginginkan Sandiaga Uno Pimpin DKI

SHARE

Publik-News.com – Islamic Political Index melansir hasil surveynya terkait Calon Gubernur DKI Jakarta. Jumlah responden dalam survey ini sebanyak 1000 orang warga muslim yang baru pulang dari shalat Jumat di 10 Masjid. Survey ini menggunakan metode Exit Prayer dengan Indepth Interview dengan margin eror sebanyak 2 persen.

Founder Islamic Political Index, Moh Sholeh mengatakan mayoritas warga muslim akan memilih Sandiaga Uno sebagai Gubernur pada Pilkada yang akan digelar pada 2017 yang akan datang. Hal ini jika didasarkan pada jawaban warga muslim yang disurvey di 10 Masjid yang tersebar di Jakarta.

“Hasil jejak penadapat 95 persen umat Islam memilih Sandiaga Uno. Sementara warga mulim memilih Ahok 3 persen,” ujar Sholeh melalui siaran persnya kepada Publik-News.com, Selasa (30/8/2016).

Menurut Sholeh, Survey yang digelar lembaganya di 10 Masjid DKI tersebut sebanyak empat kali. Dimulai dari tanggal 5, 12, 19 dan 26 Agustus 2016. Ke-10 Masjid tersebut adalah Masjid Agung Sunda Kelapa, Masjid Kramat Tunggak, Masjid Perahu Casablanca, Masjid Agung Kebayoran Baru, Masjid At-Tin, Masjid Luar Batang, Masjid Pekojan, Masjid Al-Alam Marunda, Masjid Al-Fattah, dan Masjid Raya At Taqwa.
“Sedikitnya lima pertanyaan yang disodorkan dalam jejak pendapat ini,” katanya.

Kelima pertanyaan tersebut, menurut Sholeh, Pertama, kegiataan dan isu keagamaan terbukti efektif sebagai media penggalangan dukungan. Kedua, idealnya kekuatan-kekuatan Islam di masyarakat (Ormas, majlis ta’lim, masjid dan pesantren), diberi peran berupa program share and care dari partai-partai Islam demi merawat dukungan. Ketiga, riset-riset berbasis komunitas, efektif sebagai alat dan tolak ukur besaran riil dukungan pasangan Cagub-Cawagub dalam Pilgub 2017.Keempat, fenomena Pilgub DKI Jakarta 2017, menunjukkan bahwa kristalisasi pro dan anti Ahok, sebagai fenomena massif. Kelima, kondisi ini menguntungkan kandidat (Sandiaga) yang kontra Ahok.

“Jajak pendapat dengan hanya menyodorkan satu pertanyaan head to haed: siapa Cagub-Cawagub DKI Pilihan umat Islam: Ahok atau Sandiaga Uno?,” katanya.

(Taufik)

Comment