Susi: Indonesia Bisa Kembali Nomor Satu Industri Perikanan di Asia

Susi: Indonesia Bisa Kembali Nomor Satu Industri Perikanan di Asia

SHARE

Publik-News.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang menjajalankan reformasi perikanan. Sebab, pemerintah juga bertekad untuk kembali menjadikan industri perikanan Indonesia nomor satu di Asia.

“Kalau itu bisa, Indonesia untuk perikanan tangkap bisa nomor satu lagi di Asia. Seperti tahun ’92 sampai tahun ’96-an itu sangat bagus Indonesia,” kata Susi.

Oleh karena itu, lanjut Susi, pemerintah akan terus melakukan pengembangan industri perikanan nasional di seluruh Indonesia. Tidak hanya di Natuna saja, tetapi juga di daerah Indonesia lainnya yang dinilai strategis.

“Morotai, Sabang, kemudian Moa, Biak, Timika, Merauke, kemudian Saumlaki, kemudian Moa, lalu NTT, Bata dan Larantuka. Karena di sana sebetulnya sudah ada proyek-proyek Jepang yang tinggal kita teruskan saja,” terang Susi.

Pernyataan Susi ini merupakan tindaklanjut dari apa yang sebelumnya sudah dinyatakan Presiden Jokowi. Jokowi mengatakan pemerintah terus berupaya mewujudkan konsistensinya dalam rangka penguatan kemaritiman Indonesia. Setelah sebelumnya melakukan upaya penanganan terhadap illegal fishing, langkah selanjutnya yang dilakukan pemerintah adalah menata industri perikanan nasional.

“Kita menata kembali industri perikanan kita, baik yang tingkat nelayan, yang tingkat di atasnya, yang pengusaha kecil, yang tingkat industri akan kita tata kembali,” kata Jokowi.
(Hurri Rauf)

SHARE
Comment