Home Politik Syamsuddin Radjab Jadi Pembicara Diskusi “Pilkada Serentak dan Pemilu, Pemilih Berdaulat Negara...

Syamsuddin Radjab Jadi Pembicara Diskusi “Pilkada Serentak dan Pemilu, Pemilih Berdaulat Negara Kuat”

Publik-News.com – Pakar hukum tata negara, Syamsuddin Radjab menjadi salah satu pembicara diskusi bertajuk “bertajuk “Pilkada Serentak dan Pemilu, Pemilih Berdaulat Negara Kuat”, di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (23/2/2018).

Di hadapan peserta diskusi, Syamsuddin memaparkan soal tantangan kualitas Pemilukada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019 mendatang. Menurutnya, cukup sulit menjadikan hajatan demokrasi lokal dan nasional lima tahunan itu berkualitas selama anggaran dana dari negara kepada partai politik tidak maksimal.

“Negara sebaiknya membiayai partai. Jangan partai meminta dana kepada calon,” papar Syamsuddin.

Menurut Syamsuddin, tak bisa dipungkiri bahwa partai politik selama ini memungut uang mahar kepada calon kepala daerah dan calon legislatif. Jika calon kepala daerah selain diiming-imingi untuk menggerakkan mesin partai untuk pemenangan dan mendapatkan rekomendasi, maka calon legislatif dipungut dana mahar politik untuk mendapatkan nomor urut yang strategis.

Selain itu, Syamsuddin juga menyoroti maraknya isu Hoaks yang mengarah pada isu SARA pada Pemilukada dan Pemilu 2019. Menurut dia, isu hoaks dan SARA tersebut tak perlu khawatirkan karena ada solusi yang dapat mengatasi masalah tersebut.

Menuru Direktur Eksekutif Jenggala Center ini, justru dari isu SARA itu, para pemuda pendiri bangsa bisa bersatu. Isu SARA butuh pengelolaan pemerintah, bukan diberantas. (PN).

 

Comment