Tak Ada di BAP, Majelis Hakim Tolak Saksi Ahli Yang Dihadirkan Ahok

Tak Ada di BAP, Majelis Hakim Tolak Saksi Ahli Yang Dihadirkan Ahok

SHARE

Publi-News.com – Dalam sidang penistaan agama, Majelis Hakim menolak saksi ahli yang dihadirkan tim kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Saksi itu diketahui seorang profesor dari fakultas hukum UGM Yogyakarta Edward Omar Sharif Hiariej

Menurut Ketua Majelis Hakim Dwiarso Budi Santiarto, kuasa hukum Ahok tidak boleh menghadirkan saksi ahli yang tidak ada dalam BAP. Sebab, yang ada dalam BAP saat ini adalah saksi fakta.

“Kalau ada tambahan saksi yang di luar BAP. Kalau saudara memeriksa saksi ahli boleh asal tidak menghadirkan saksi fakta lagi, tidak ada saksi fakta tambahan. Kalau masih ada saksi fakta tambahan saksi ahlinya tidak diperiksa. Agar BAP bisa sistematis,” jelas Dwiarso di dalam persidangan Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Kementerian Pertanian, Jalan Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2017).

Sementra dalam sidang kali ini, ada tiga saksi fakta yang dihadirkan kubu Ahok, yakni seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Bangka Belitung, Juhri, seorang sopir bernama Suyanto yang berasal dari Belitung Timur, serta teman Sekolah Dasar (SD) Ahok bernama Fajrun yang juga berasal dari Belitung Timur.

Dalam kasus ini, Jaksa Penuntut Umum mendakwa Ahok dengan dua pasal alternatif, yakni Pasal 156 huruf a KUHP atau Pasal 156 KUHP.(Fq)

SHARE
Comment