Tak Bisa Lindungi Hak Perempuan, Massa Gelar Demonstrasi Kecam Kehadiran Raja Salman

Tak Bisa Lindungi Hak Perempuan, Massa Gelar Demonstrasi Kecam Kehadiran Raja Salman

SHARE

Publik-News.com – Sejumlah massa hari ini akan menggelar demonstrasi mengecam kehadiran Raja Salman ke Indonesia yang dianggap kurang peduli terhadap hak yang dimiliki perempuan di Arab Saudi.

“Benar, kita akan aksi di dua lokasi, Kedutaan Besar Arab Saudi dan Istana Negara. Jam satu siang,” ujar humas penyelenggara aksi demo, Ega Melindo, Rabu, 1 Maret 2017.

Ia mengakui jika ajakan untuk melakukan demonstrasi ini sudah tersebar lewat pesan tertulis. Ia mengatakan aksi ini dilakukan karena banyaknya perempuan Indonesia ditahan di Arab Saudi karena dituduh melakukan tindak kejahatan.

Salah perempuan Indonesia saat ini yang masih ditahan adalah asal Indramayu, Jawa Barat, bernama Rusmini Wati. Ia dipenjara dan dijambuk ribuan kali hanya karena difitnah oleh majikannya.

Pada mulanya, Rumini saat itu ingin pulang ke Indonesia. Namun, majikannya membuat tuduhan jika Rumini menggunakan santet dan sihir karena dianggap membuat istri pertama dan anak majikannya sakit

Rumini akhirnya dijatuhkan hukuman pancung dan denda 1 juta riyal ditahun 2012. Namun, pada tahun 2015, melalui pengacaranya, Rumini mengajukan banding dan akhirnya pengadilan setempat menjatuhkan hukuman penjara selama 8 tahun ditambah hukuman cambuk dan denda 1 juta riyal.

Rumini juga berhasil meyakinkan pengadilan agar tidak membayar denda dan menggantinya dengan hukuman penjara empat tahun. Hukuman Rumini akhirnya digenapkan menjadi 12 tahun penjara.  Saat ini Rumini sudah menjalni hukuman selama 5 tahun dan cambukan 1.200 kali.(Fq)

 

 

 

 

SHARE
Comment