Tanggapan Mahfud MD Soal Arcandra Tahar Jadi Wamen ESDM

Tanggapan Mahfud MD Soal Arcandra Tahar Jadi Wamen ESDM

SHARE

Publik-News.com – Dengan menggunakan hak proregatifnya, Presiden Jokowi sudah resmi mengangkat Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM. Padahal, jabatan Arcandra saat menjadi Menteri memunculkan polemik karena dwi kewarganegaraan yang disandangnya.

Menanggapi pengangkatan Arcandra sebagai Wakil Ignasius Jonan di Kementerian ESDM, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD mengatakan bahwa jabatan yang disandang Arcandra sudah sah.

“Pak Archandra yg dilantik kemarin itu ya sdh sah. Sebab dia diangkat sbg Pejabat Negara. Dia tak diangkat sbg Pejabat Karier,” tulis Mahfud pada akun twitternya, @mohmahfudmd.

“Selain naturalisasi ada kewargaan yg diperoleh scr otomatis dan ada cara penganugerahan oleh Presiden,” tulisnya lagi.

Untuk diketahui, Archandra Tahar, sebelumnya dicopot dari jabatan sebagai Menteri ESDM pada 15 Agustus 2016, sesudah terungkap bahwa dirinya memiliki dua kewarganegaraan, Indonesia dan Amerika Serikat.

Adapun Menteri ESDM ignatius Jonan terkena reshuffle dari Menteri Perhubungan. Namun, keduanya telah dilantik oleh Presiden yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2016) kemarin.
(Taufik)

Comment