Tangkap Seluruh Pimpinan DPRD dan Pimpinan Daerah NTB

Tangkap Seluruh Pimpinan DPRD dan Pimpinan Daerah NTB

SHARE

Penjualan saham milik rakyat NTB oleh jajaran Pemerintahan Daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan jajaran pimpinan DPRD se-NTB adalah skandal yang besar.

Mengapa demikian? Kepemilikan saham rakyat melalui pemda NTB pada PT Newmont Nusa Tenggara adalah amanat konstitusi, pelaksanaan UU minerba dan sekaligus pelaksanaan ketentuan dalam kontrak karya (KK) pertambangan PT. Newmont.

Kepemilikan saham rakyat NTB pada perusahaan tambang yang selama 20 tahun mengeruk emas NTB merupakan hasil perjuangan seluruh rakyat Indonesia dan rakyat NTB yang berhasil menekan PT Nemont agar mendivestasikan saham mereka sesuai dengan KK. Sebagaimana diketahui bahwa sejak semula Newmont enggan melepas saham mereka. Jadi saham ini adalah milik rakyat bukan milik penguasa.

Tindakan seluruh pemerintah daerah dan pimpinan DPRD se NTB adalah sebuah penghianatan oleh segelintir elite penguasa. Karena kepemilikan saham adalah bentuk instrumen kontrol rakyat terhadap kegiatan pertambangan no 2 terbesar di Indonesia tersebut.

Penjualah saham rakyat adalah bentuk perampokan secara kasar terhadap harta rakyat oleh elite penguasa. Saham dijual secara diam diam tanpa meminta pendapat masayarakat. Bahkan hasil penjualan saham tidak masuk ke dalam APBD propinsi dan kabupaten kota. Hasil penjualan saham diduga malah mengalir ke kantong pribadi penguasa.

Oleh karena itu pemerintah Jokowi harus bertanggung jawab atas masalah ini, karena divestasi saham newmont adalah amanat konstitusi dan UU minerba. Karena diduga beberapa orang menteri terlibat dalam skandal penjualan saham PT newmont Nusa Tenggara yang sekarang ini telah jatuh ke tangan Arifin Panigoro dan Kiki Barki dengan menggunakan dana 3 bank BUMN.

Oleh : Salamuddin Daeng

SHARE
Comment