Home Politik Terancam Digagalkan, Masyarakat Diminta Ikut Mengawasi Usulan ‘Ahok Gate’

Terancam Digagalkan, Masyarakat Diminta Ikut Mengawasi Usulan ‘Ahok Gate’

Publik-News.com – Pengamat Politik Network for South East Asian Studies (NSEAS), Muchtar Effendi menghawatirkan usulan hak angket terkait status Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang tidak dinonaktfikan akan hilang jika tidak dilakukan pengawasan.

Untuk itu, kata Muchtar, peran dari masyarakat sangat diperlukan untuk ikut terlibat melakukan pengawasan.

“Jika publik terus menerus mempersoalkan tidak diberhentikan sementara Ahok selaku Gubernur, ke DPR, maka opini publik akan terus membantu untuk bertambahnya anggota DPR mendukung hak angket,” jelas Muchtar Effendi Harahap, Sabtu (25/2/2017).

Belum lagi, lanjut Muchtar, usulan hak angket ini akan terkendalan karena masa reses DPR, sehingga pembahasan kelanjutan hak angket ini akan diputuskan usai masa reses. Disamping itu, kata dia, usulan hak angket ini harus dibahas di Badan Musyawarah DPR yang selanjutkan akan diambil keputusan saat rapat paripurna

Sekedar informasi, setidaknya ada empat fraski yang menggulirkan hak angket ini, di antaranya Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN)

Menurut Muchtar, jika tidak dilakukan pengawasan maka partai pendukung Ahok-Djarot dengan mudahnya akan menggagalkan hak angket yang digulirkan oleh empat fraksi tersebut.

“Prakarsa penggunaan hak angket terkait Ahok Gate muncul dari anggota DPR parpol pendukung paslon bukan Ahok. Tentu saja parpol pendukung paslon Ahok-Djarot, terutama PDIP dan Golkar akan getol tolak penggunaan hak angket, ini harus diwaspadai,” tegasnya.(Fq)

 

Comment