Home Politik Ternyata Ada Relawan Komunitas Banteng Asli Nusantara Untuk Memenangkan Jokowi 2019

Ternyata Ada Relawan Komunitas Banteng Asli Nusantara Untuk Memenangkan Jokowi 2019

Publik-News.com – Presiden Joko Widodo ternyata memiliki relawan baru. Namanya adalah Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan). Kantor relawan untuk memenangkan Jokowi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang akan datang ini berada di Jalan Layur No. 3A Rawamangun, Jakarta Timur. Relawan ini didirikan pada 21 September 2017 yang lalu.

Adalah Budi Mulyawan yang menjadi Ketua Umum DPN Kombatan. Dia menuturkan anggota yang tergabung pada Kombatan ini dari berbagai latar belakang, etnis dan profesi. Dia menceritakan bahwa komunitasnya ini sudah diketahui oleh Jokowi dan anggota yang tergabung dalam Kombatan ini cukup mahir dalam permainan dunia politik.

“Lahirnya komunitas Banteng Asli ini suatu kebutuhan. Karena situasi politik yang berkembang saat ini, terutama maraknya isu SARA dan lain-lain, dan isu PKI juga,” kata Budi saat berbincang dengan Publik-News.com, di Kantornya, Jakarta Timur, Kamis (22/2/2018).

Menurut Budi, relawan Kombantan ini sudah terbentuk di 25 Provinsi. Kombatan ini, katanya, berbeda dengan relawan-relawan Jokowi yang sudah ada. Hal yang membedakan Kombatan dengan Relawan Jokowi yang lain, Budi memaparkan, dalam hal ideologis.

“Kita tampil berusaha beda dengan relawan yang sudah ada. Salah satu perbedaan yang mendasar dari kami bahwa Kombatan ini relawan yang berbasis ideologis dengan segmentisnya kita kita memanfaatkan basis nasionalis,” papar dia.

Alasan Kombatan menyisir dan menjaga basis nasionalis karena dia belajar dari pengalaman Pilkada DKI Jakarta, khususnya Pilkada yang mempertarungkan pasangan Ahok-Djarot vs Anies-Sandi. Pada Pilkada yang dimenangkan Anies-Sandi tersebut, kata dia, ada pukulan politik yang memainkan isu SARA.

“Nah ketika basis nasionalis itu dipukul dengan isu SARA dan lain-lain nah di situ kelihatan basis nasionalis itu besar tapi tidak solid. Kami tidak melihat Ahok kalah atau menang, tapi yang kita lihat basis kekuatan nasionalis ini rentan,” katanya.

Lebih lanjut, Budi menegaskan bahwa Kombatan ini sudah mendapat respon dari Jokowi. Karenanya, Jokowi bakal diundang untuk menghadiri Rakenas Kombatan yang bakal diselenggarakan di Malang, Jawa Timur, pada 23-24 Maret 2018 yang akan datang.

“Kalau tidak ada perubahan lokasinya Rakernas di Malang. Pesertanya yang sudah terdata di kami dengan jejaring kita yang ada di 25 Provinsi, insya Allah mereka siap hadir semua,” katanya. (PN).

 

 

 

Comment