Terungkap, Pembentukan UKP Pancasila Bermula Dari Usulan MPR

Terungkap, Pembentukan UKP Pancasila Bermula Dari Usulan MPR

SHARE

Publik-News.com – Wakil Ketua MPR RI Mahyudin mengungkap jika pembentukan Unit Kerja Presiden bidang Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) merupakan buntut dari adanya usulan dari MPR. Menurutnya, pembentukan lembaga ini sudah jauh-jauh hari diusulkan ke Presiden Jokowi.

“Alhamdulillah, permintaan MPR itu direspons Presiden melalui pembentukan lembaga baru yang langsung di bawah Presiden,” ujar Mahyudin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/6/2017).

Muhyidin menilai sinergitas antara UKP Pancasila dengan MPR RI sangat penting dilakukan. Mengingat, penanaman nilai-nilai pancasila penting dilakukan ditengah masyarakat yang heterogen.

“Kalau dulu sebelum era reformasi ada BP7. Sekarang dengan badan yang baru dibentuk ini, polanya hampir seperti yang dulu tanpa intimidasi dan tekanan. Tapi, tentu saja, metodenya diolah agar bisa diterima masyarakat. Sebab era sekarang sangat berbeda dengan era dulu,” kata Mahyudin.

Sebelumnya, Presiden Jokowi melantik Yudi Latief sebagai Kepala UKP PIP serta sembilan tokoh yang dijadikan sebagai Dewan Pengarah UKP PIP pada Rabu, (7/6) kemarin.

Kesembilan orang itu adalah Presiden kelima RI Megawati Sukarnoputri, Wakil Presiden ke-6 RI Jendral TNI (Purn) Try Sutrisno, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Muhammad Mahfud Md, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, mantan Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia Pendeta Andreas Anangguru Yewangoe, Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Mayjen TNI (Purn.) Wisnu Bawa Tenaya, dan Ketua Umum Majelis Buddhayana Indonesia Sudhamek.(Fq)

 

SHARE
Comment