Tes Penulisan Makalah Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kementerian PANRB Diikuti 71 Palamar

Tes Penulisan Makalah Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Kementerian PANRB Diikuti 71 Palamar

SHARE

Publik-News.com – Tes penulisan makalah untuk seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) baik Madya maupun Pratama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) diikuti sebanyak 71 peserta, Senin (07/11/2016). Mereka diharuskan menulis sendiri makalahnya selama 180 menit.

Tes ini dibuka Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, sementara Menteri PANRB Asman Abnur sempat meninjau pelaksanaan tes. “Semoga bapak dan ibu dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik yang selanjutnya makalah akan dipresentasikan pada tahap wawancara nanti,” ujar Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji saat membuka tes penulisan makalah di Kantor Kementerian PANRB.

Kepala Biro SDM dan Umum T. Eddy Syah Putra menjelaskan, ada empat orang pelamar JPT pratama yang tidak hadir dalam tahap ini, sementara pelamar untuk JPT madya hadir seluruhnya.

Eddy menambahkan, dalam tes penulisan makalah ini, sesuai dengan bidang pada jabatan yang dilamar. Untuk Staf Ahli bidang Politik dan Hukum diberikan tema Harmonisasi Peraturan Perundangan dalam Mendorong Reformasi Birokrasi, Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah diberikan tema Membangun Pemerintah Daerah yang Bersih, Akuntabel, dan Melayani, sementara Staf Ahli bidang Budaya Kerja menuliskan makalah dengan tema Revitalisasi Budaya Kerja ASN : Peluang dan Tantangan, serta Penguatan Eksistensi Peran Staf Ahli dalam Implementasi dan Hasil Kajiannya.

Untuk Asdep Asesmen dan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Kelembagaan dan Tata Laksana Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana diberikan tema Membangun Organisasi dan Bisnis Proses Instansi Pemerintah bidang Pembangunan Manusia dan Kesejahteraan Rakyat untuk Mendorong Peningkatan Pelayanan kepada Masyarakat, Asdep Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Pelaksanaan Sistem Administrasi Pemerintahan dan Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik pada Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana diberikan tema PeranTeknologi Informasi dalam Membangun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Asdep Pengelolaan Pengaduan Aparatur dan Masyarakat pada Deputi RB Kunwas diberikan tema Pengelolaan Pengaduan Masyarakat yang Transparan dan Akuntabel dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Publik dalam Pemeberantasan Korupsi. Sementara untuk jabatan Sekretaris Deputi pada Deputi Bidang SDM Aparatur ada rumusan tersendiri dalam bentuk case study.

Usai mengikuti tes penulisan makalah, peserta yang lolos akan melanjutkan ke tahap assessment center. “Seluruh tahapan dan informasi kelulusan dapat terus dipantau melalui daftar.menpan.go.id,” jelas Kepala Biro SDM dan Umum T. Eddy Syah Putra. (Taufik)

SHARE
Comment