Tiga Indikator Membentuk Parlemen Modern

Tiga Indikator Membentuk Parlemen Modern

SHARE

Publik-News.com – Sejumlah kegiatan DPR RI sudah selesai. Misalanya, seperti pameran seni rupa, foto, dan beragam kegiatan lainnya di komplek parlemen, Senayan, Jakarta. Kegiatan tersebut sebagai rangkaian acara dari perayaan HUT DPR RI ke 71.

Wakil Ketua DPR Korpolkam Fadli Zon menyatakan bahwa DPR memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga pembangunan demokrasi di Indonesia. Sebagai lembaga legislatif, DPR tidak hanya berperan untuk memproduksi suatu Undang-undang, namun juga memastikan agar ditegakkannya UU tersebut. DPR melalui fungsi kontrol, bertugas mengawasi agar roda pemerintahan yang dijalankan oleh eksekutif berada pada garis UU yang sudah ditetapkan

“Periode pasca reformasi yang dilalui melalui amandemen UUD 1945 telah memberikan kepada Dewan posisi yang sangat kuat didalam menjalankan fungsi-fungsinya. Tantangan terkini DPR yakni melakukan transformasi menuju parlemen modern, sebagaimana yang tertuang dalam rencana strategis DPR RI 2015-2019,” kata Fadli Zon melalui siaran persanya.

Ada tiga indikator utama untuk membentuk parlemen modern, yaitu transparansi, akses teknologi, dan penguatan peran representasi. Ketiganya merupakan satu kesatuan untuk penguatan kelembagaan DPR hingga 2019. Dukungan dari seluruh pihak, terutama dari seluruh anggota dewan, adalah kunci bagi transformasi DPR menuju parlemen modern.

“Saya mengajak kepada seluruh pihak, terutama seluruh anggota dewan, untuk sama-sama membangun harkat, martabat dan wibawa kelembagaan DPR, sebagai hal yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan tugas dan fungsinya sesuai amanat konstitusi,” pungkasnya.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment