Tiga Jamaah Haji Indonesia Dirawat di Klinik

Tiga Jamaah Haji Indonesia Dirawat di Klinik

SHARE

Publik-News.com – Tiga orang jamaah haji asal Indonesia dibawa ke klinik untuk mendapatkan perawatan. Penyebabnya, karena telapak kaki mereka mengelupas akibat berjalan tanpa alas kaki (sandal) saat bermaksud pulang ke pemondokannya di Madinah, Arab Saudi.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid saat dihubungi Publik-News.com melalui telpon selulernya, Kamis (25/8/2016). Sodik sendiri mengaku berada di Madinah.

Menurut Sodik, sebenarnya banyak jamaah haji asal Indonesia yang mengalami nasib yang sama. Tapi, yang terlihat saat ini hanya tiga orang karena mendapatkan perawatan di klinik. Asal muasal beberapa jamaah haji yang mengalami nasib demikian, kata dia, karena tidak sempurnanya pendidikan manasik haji dan tidak berpengalamannya mereka.

“Jadi toloong kepada regu rombongan untuk memberikan edukasi manasik. Ini kan orang baru pertama kali ke Masjid-Masjid yang hebat yang megah itu pasti gugup ketika kehilangan sandal dia tidak tau apa yang akan dilakukan maka pulangla dia dengan tanpa sandal. Maka akibatanya kakinya terkelupas,” pungkasnya.

Sodik menyanyangkan tidak sempurnanya pendidikan manasik haji yang dilaksanakan oleh pihak Kementerian Agama (Kemenag). Padahal, kata Sodik, pendidikan manasik tersebut hanya sebatas soal tata cara beribadah dan doa-doa. Sodik menambahkan, komisinya sudah sering meminta Kemenag untuk menyempurnakan pelatihan manasik sebelum jamaah haji diberangkatkan ke tanah suci, Mekah.

“Tapi penyuluhan atau sosialisasi atau edukasi kesehatan yang kurang dan ini menjadi catatan kita. Dan ini sudah kami suarakan untuk disempurnakan mengenai materi manasik, tapi menteri agama masih bertahan,” katanya.

(Hurri Rauf)

SHARE
Comment