Tiga Juta Buruh Kembali Akan Mogok Nasional

Tiga Juta Buruh Kembali Akan Mogok Nasional

SHARE

Publik-News.com – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal memastikan bahwa rencana kegiatan Aksi Mogok Nasional Buruh KSPI Se-Indonesia akan diikuti oleh kurang lebih sekitar 3 Juta orang buruh di 20 Provinsi (menyusul 3 Provinsi lagi) dan 150 Kabuparen/Kota Se-Indonesia (direncanakan 200 Kabipaten/Kota).

Menurut Said, ratusan ribu perusahaan di 40 Kawasan Industri di seluruh Indonesia juga akan menjadi massa aksi tersebut. Massa aksi kata dia,rencananya yang akan menghentikan Proses produksinya, termasuk di Pelabuhan-Pelabuhan akan tergangu pada saat Mogok Nasional pada 31Oktober – 01 November 2016 mendatang.

“Selanjutnya rencana akan berlangsung giat Prakondisi Pemogokan Nasional yg akan dilakukan pada 28 – 30 Oktober 2016 bertempat di masing-masing Daerah,” ujar Said.

Menurut Said, mogok nasional dan Prakondisinya akan dilakukan secara tertib dan damai serta tidak anarkis. Berikut 20 Provinsi yang akan dijadikan sasaran massa aksi dan mogok nasional buruh yang dipaparkan Said

1. Provinsi Banten
2. Provinsi Jawa Barat.
3. Provinsi DKI Jakarta.
4. Provinsi Jawa Tengah.
5. Provinsi Jogyakarta.
6. Provinsi Jawa Timur.
7. Provinsi Aceh.
8. Provinsi Sumatera Utara.
9. Provinsi Kepulauan Riau (Prov Kepri).
10. Provinsi Sumatera Selatan.
11. Provinsi Lampung,
12. Provinsi Kalimantan Selatan.
13. Provinsi Kalimantan Timur.
14. Provinsi Gorontalo.
15. Provinsi Sulawesi Utara.
16. Provinsi Sulawesi Selatan.
17. Provinsi Sulawesi Tenggara.
18. Provinsi Sulawesi Tengah.
19. Provinsi Papua.
20. Provinsi NTB.

“Dan rencananya akan segera Provinsi Riau, Kalbar, dan Maluku,” pungkasnya.

Sementara untuk Kabupaten/Kota terdiri dari Cilegon, Serang, Tangerang, Tangerang selatan, Bogor, Depok, Sukabumi, Cianjur, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu, Cirebon, Tegal, Cimahi, Bandung, Bandung Barat, Tasikmalaya, Semarang, Kendal, Demak, Batam, Pekalongan, Yogyakarta, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, Malang, Purbolinggo, Gresik, Batam, Bintan, Karimun, Medan, Deli Serdang, Palembang, Pekanbaru, Makasar, cilacap, dll.

Menurut Said ada potensi Pelabuhan, Pusat-Pusat Industri dan Produksi, serta Bandara akan terkena dampak dari ren giat aksi mogok nasional tersebut.
(Taufik)

SHARE
Comment