Tindaklanjuti Laporan Alumni 212, Komnas HAM Minta Keterangan Saksi Ahli

Tindaklanjuti Laporan Alumni 212, Komnas HAM Minta Keterangan Saksi Ahli

SHARE

Publik-News.com – Komnas HAM mengaku serius menindak lanjuti laporan adanya kriminalisasi terhadap ulama dari  Tim Pengacara Muslim dan Tim Advokasi Presidium Alumni 212. Komnas HAM menyatakan sudah meminta pendapat beberapa pihak, termasuk korban dan beberapa saksi ahli.

“Sejak kami terima laporan pengaduan, kami sudah bekerja, meminta keterangan dari pihak yang diduga sebagai korban dan meminta keterangan dari ahli hukum tata negara, salah satunya Mahfud MD untuk mengukur persoalan mengenai upaya makar dalam pelaksanaannya,” kata Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai di Kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2017).
Untuk selanjutnya, kata dia, Komnas HAM akan melakukan pertemuan dengan pemerintah demi tegaknya keadilan dan kepastian hukum.

“Juga menjadwalkan melakukan pertemuan dengan Mendagri. Bagaimana peran Kemendagri tentang pengendalian konflik sosial, kemudian pimpinan Polri dan TNI,” kata Pigai

Menurutnya, apa yang dilakukan Komnas HAM tidak akan mengganggu proses hukum yang ada. Karena Komnas HAM bekerja untuk meyelidiki apakah dalam proses hukum ituAQ terjadi pelanggaran HAM atau tidak.

“Kami tidak mengganggu proses hukum, sama sekali tidak mengganggu dan intervensi, kami sebagai pengawas eksternal agar kualitasnya terkontrol, agar penegakan hukum sesuai HAM,” kata dia. (Fq)

 

SHARE
Comment