Home Regional Tingkatkan Fungsi Komando, 35 Personel Kodam Jaya Perluas Wawasan Hukum

Tingkatkan Fungsi Komando, 35 Personel Kodam Jaya Perluas Wawasan Hukum

Publik-News.com – Irdam Jaya Kolonel Arh Toto Nugroho, mewakili Kasdam Jaya membuka Penataran Hukum Sebagai Fungsi Komando satuan jajaran Kodam Jaya/Jayakarta, diikuti 35 personel bertempat di Aula A. Yani Makodam Jaya. Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jakarta Timur, Senin (26/3/18).

Dalam amanat Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto yang dibacakan Irdam Jaya, penataran yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 26 s/d 28 Maret 2018 ini, merupakan upaya untuk memperluas pengetahuan, tahapan dan proses hukum serta tata cara pemberlakuannya di kalangan prajurit.

“Semua itu adalah sasaran utama diselenggarakannya kegiatan, selaras dengan tema, Melalui Penataran Hukum Sebagai Fungsi Komando Kita Tingkatkan Kemampuan Para Dandim atau Danyon Setingkat, Pejabat Personel Dan Pejabat Intel/Pam Dalam mengoptimalkan Pembinaan Dan Penyelesaian Permasalahan Hukum Di Satuan,” jelas Pangdam.

Sebelum menerima pembekalan, para peserta yang terdiri dari Perwira Pers, Personel Intel/Pam Satpur, Satbanpur dan para Kasi Tuud Balakdam Jaya ini terlebih dahulu melakukan free test guna perolehan data, tentang sejauh mana penguasaan para peserta terkait hukum militer dan pengaplikasiannya.

Tampil perdana dengan materi “Tanggung Jawab Komando Menurut Hukum Internasional dan Hukum Nasional” disampaikan oleh Kolonel Chk Ali Ridho dari Satuan Direktorat Hukum Angkatan Darat (Dirkumad). Informasi dari lapangan, sejumlah materi berbobot lainnya juga akan dikupas tuntas diantaranya tentang, Kewenangan Papera dan Ankum di Lingkungan TNI AD, Penyelesaian Pelanggaran Hukum Administrasi Militer, Penyelesaian Perkara Disiplin Militer, Penyelesaian Perkara Disiplin PNS Angkatan Darat dan Penyelesaian Perkara Pidana serta Pertanggungjawaban Komando dalam Penggunaan Kekuatan.

Upaya preventif agar terhindar dari masalah hukum, jauh lebih baik ketimbang menjatuhkan sanksi atau hukuman terhadap suatu pelanggaran, demikian kesan yang tergambar saat pembukaan yang dihadiri oleh Asintel Kasdam Jaya, Kakumdam Jaya, para Dandim dan Komandan Detasemen Intel Dam Jaya. (PN).

Comment