TKA Ilegal Serbu Indonesia, Dirjen Imigrasi Janji Akan Evaluasi Kebijakan Bebas Visa

TKA Ilegal Serbu Indonesia, Dirjen Imigrasi Janji Akan Evaluasi Kebijakan Bebas Visa

SHARE

Publik-News.com-Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny Franky Sompie mengaku akan mengkaji ulang perihal kebijakan bebas visa. Hal ini dikarenakan banyaknya isu yang berkembang tenaga asing ilegal masuk ke indonesia.

“Evaluasi bebas visa pasti akan dilakukan. Itu juga untuk mengetahui apakah kebijakan itu memang betul-betul bermanfaat,” imbuh Ronny dalam diskusi bertema ‘Di Balik Serbuan Warga Asing’, di Rumah Makan Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat (24/12/2016).

Ronny juga sependapat apabila orang asing berkunjung ke Indonesia tanpa menggunakan visa, maka bisa dikatkan kita tidak mempunyai sistem pengawasan yang ketat

“Artinya semua ini perlu dilakukan upaya-upaya melakukan untuk mencegah jangan sampai visa bebas kunjungan membuat kerugian juga,” sambung Ronny.

Sementara itu, dalam acara yang sama, ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf mengaku DPR sudah berulangkali memberikan rekomendasi agar kebijakan bebas bisa bisa di evaluasi. Namun hasilnya aspirasi  DPR tampaknya belum didengar

“Kita sudah rekomendasikan kepada pemerintah, memperbanyak fungsi pengawasan,” ujar politisi Partai Demokrat tersebut. (faruq)

SHARE
Comment